Di dalam excel cara untuk melakukan Link (menghubungkan data) ada beberapa cara. Kesempatan kali ini adalah tutorial yang berhubungan dengan Link Data tetapi fasilitas yang digunakan yaitu dengan Rumus. Penggunan dengan rumus akan mempermudah kita dalam mengelola dokumen, karena fasilitas ini bisa digunakan untuk beberapa worksheet.
Langsung saja berikut langkah-langkahnya:
>> Buat data atau buka data utama yang akan di gabungkan
Misalnya data di bawah ini:
Gambar di atas adalah data utama yang berisi
Daftar Penjualan. Data itu berada pada Sheet 1. Dan akan di link-kan (digabungkan) dengan data yang ada di sheet 2 yang masih kosong.
Berikut datanya:
Kita akan mengisi Data Rekap Penjualan tiap Bulan sesuai dengan hasil pada data Daftar Penjualan di sheet 1.
Caranya adalah…..
>> Letakkan Kursor pada cell C7 (Bulan Juni), kemudian tulis rumus berikut:
>> =klik Sheet 1 dan klik cell Jumlah Total pada Bulan Juni, kemudian enter. >> Rumus akan nampak seperti ini =Sheet1!G7, selanjutnya lihat hasilnya.
>> Anda tinggal menarik ke bawah untuk mengisi cell-cell berikutnya.
>> Untuk Bulan Juli rumus yang muncul adalah =Sheet1!G21.
Data pada Sheet 1 (Daftar Penjualan) sudah terhubung dengan data pada Sheet 2 (Rekapitulasi Penjualan). Perubahan yang anda lakukan pada data utama secara otomatis akan merubah data yang kedua.
Agar lebih jelas lihat hasil penerapannya.
Demikian tutorial singkat mengenai pengaturan Link antar Sheet pada dokumen excel dengan menggunakan rumus. Semoga bermanfaat. Amiin.
Semoga bermanfaat...
Terima kasih telah berkunjung.
Jangan lupa tinggalkan kritik & saran nya...
# orang bijak s'lalu meninggalkan jejak
(^o^)/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar